SEJARAH GEROBAK SORONG

Kapan gerobak dorong pertama kali ditemukan?

Gerobak dorong memiliki sejarah yang eksotis, dapat ditelusuri kembali ke zaman Asia kuno abad ketiga.
Pada tahun 231 M, Zhuge Liang dari Shu Han di China menciptakan gerobak beroda tunggal untuk mengangkut makanan dan persediaan ke garis depan pertempuran.
Selain memindahkan makanan, juga digunakan untuk membawa tentara yang terluka dengan cepat dan efektif keluar dari medan perang.

Penemuan ini membantu memberi Shu Han keunggulan & keuntungan selama pertempuran, karena satu gerobak dorong dapat membawa persediaan untuk empat orang dan dapat digunakan untuk merawat yang terluka.

Pada saat tiga kelompok berbeda berlomba-lomba untuk menguasai Cina dan Shu Han, mereka melihat gerobak menjadi peralatan yang penting dan berharga.

Terbuat dari apakah gerobak dorong Tiongkok kuno?

Seperti halnya sumber daya di China pada saat itu, gerobak dorong pada saat itu terbuat dari kayu. Zhuge Liang membuat kotak dari kayu karena kuat dan persediaan berlimpah, dapat diproduksi dengan cepat dan dengan relatif mudah.

Kapan gerobak dorong tiba di Eropa?

Antara tahun 1170-an dan 1250-an gerobak dorong masuk ke Eropa.
Pada saat itu, gerobak dorong digunakan di bidang pertanian, digunakan untuk mengangkut dan membantu mendistribusikan pupuk. Hal ini disebabkan oleh kemudahan pemuatan yang efisien, di saat Eropa dan Inggris sangat bergantung pada pertanian.

Apakah gerobak plastik bagus?

Gerobak dorong telah banyak digunakan sejak model pertama. Teknologi telah maju sejak Abad ke-2 Shu Han & Eropa Abad Pertengahan, dengan bahan yang sekarang jauh lebih tahan lama dan lebih ringan.
Kebanyakan gerobak dorong sekarang dibuat dari plastik atau logam. Keduanya sangat kuat untuk penggunaan sehari-hari, dibandingkan dengan kayu yang digunakan pada zaman dahulu yang jauh lebih berat dan akhirnya bisa membusuk.
Plastik sering menjadi pilihan yang lebih disukai untuk gerobak dorong karena daya tahannya, tetapi juga desainnya yang ringan yang memungkinkan manuver yang mudah saat digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *